Sabtu, 28 April 2012

makalah USG 4D


ILMU KEALAMAN MASA KINI
“USG 4 DIMENSI”
Disusun untuk memenuhi tugas matakuliah Dasar-dasar Sains
Pembimbing : Dr. Hedi Sutomo, S.U.

Oleh :

                                                          

Firza Dwi Hasanah                                              Inti Firdaus                     
  (110341421575)                                              (110341421567)
                                                                                               
Nubila Pradnya Paramita                              Rizki Siska Rosalita
(110341421578)                                           (110341421569)


                                                                                               


UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
JURUSAN BIOLOGI
APRIL 2012



 BAB I
PENDAHULUAN
2.1    Latar Belakang
Ilmu Kealaman merupakan salah satu ilmu yang penting bagi manusia. Seiring dengan perkembangan zaman, ilmu kealaman terus berkembang dengan pesat. Ilmu Kealaman memunculkan penemuan-penemuan baru yang semakin memudahkan manusia untuk melakukan kegiatannya.
Salah satu penemuan terbaru ini adalah USG 4 Dimensi. USG atau  Ultrasonography adalah alat yang digunakan untuk pemeriksaan ibu hamil menggunakan gelombang suara  yang dilepaskan probe USG. Gelombang suara tersebut melewati jaringan tubuh, misalnya kulit,  lapisan lemak perut, otot-otot perut, dan cairan ketuban, Kemudian dipantulkan, ditangkap dan dimunculkan dalam bentuk gambar pada monitor. Gradasi kepekatan warna pada gambar tergantung materi apa yang dilewati dan memantulkanya. (Anonim, 2012)
Alat USG berkembang  dari waktu ke waktu. Awalnya, gambar yang  hanya berupa gambar 2 Dimensi (panjang x lebar).  Saat ini,  telah dapat pula gambar 3 Dimensi dalam ukuran volume (panjang x lebar x  tinggi). Lebih  hebat lagi, gambar 3 D itu kini juga dapat dipancarkan dan ditangkap dengan kecepatan real time ibaratnya anda menggunakan handycam. Itulah yang kita sebut USG 4 Dimensi.  (Anonim, 2012)
Hal inilah yang melatar belakangi penulis untuk menulis makalah mengenai Ilmu Kealaman Terkini dengan judul “USG 4 D”. Tujuan dari penulisan makalah ini untuk menyebarluaskan kepada masyarakat agar banyak masyarakat yang mengetahui dan dapat memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

2.2    Rumusan Masalah
1)        Apa USG 4 D ?
2)        Apa fungsi, keunggulan dan manfaat USG 4 D ?
3)        Bagaimana tahapan pemeriksaan pada ibu hamil menggunakan USG 4 D ?
4)        Dimana ibu hamil dapat melakukan pemeriksaan menggunakan USG 4 D ?
5)        Kapan ibu hamil boleh melakukan pemeriksaan menggunakan USG 4 D ?
6)        Bagaimana cara penyimpanan hasil pemeriksaan menggunakan USG 4 D ?

2.3    Tujuan
1)        Mendeskripsikan pengertian USG 4 D.
2)        Mendeskripsikan fungsi, keunggulan dan manfaat USG 4 D.
3)        Mendeskripsikan tahapan pemeriksaan pada ibu hamil menggunakan USG 4 D.
4)        Mengetahui tempat untuk melakukan pemeriksaan menggunakan USG 4 D.
5)        Mengetahui waktu bagi ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan USG 4 D.

2.4    Manfaat
·           Bagi Ibu Hamil
Dapat mengetahui adanya teknologi terbaru sehingga dapat memanfaatkan alat tersebut dengan baik. Serta dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan dari alat USG 4 D tersebut.
·           Bagi Masyarakat
Dapat memberitahukan informasi yang diperoleh kepada keluarga, kerabat, atau rekan kerja yang membutuhkan informasi tentang USG.
·           Bagi Ilmuwan
Dapat terus mengembangkan Ilmu yang ada untuk terus menciptakan penemuan-penemuan yang lebih baik.
·           Bagi Penulis
Dapat mengetahui tentang USG 4 D sekaligus untuk memenuhi tugas mata kuliah Dasar-dasar Sains.

BAB II
PEMBAHASAN

3.1    Pengertian USG 4 D
USG 4 D merupakan kepanjangan dari Ultrasonography 4 Dimensi yang merupakan  alat yang digunakan untuk pemeriksaan ibu hamil menggunakan gelombang suara  yang dilepaskan probe USG. Gelombang suara tersebut melewati jaringan tubuh, misalnya kulit,  lapisan lemak perut, otot-otot perut, dan cairan ketuban, kemudian dipantulkan, ditangkap dan dimunculkan dalam bentuk gambar pada monitor. Gambar tersebut membentuk gambar 3 Dimensi dalam ukuran volume (panjang x lebar x  tinggi) yang dipancarkan dan ditangkap dengan kecepatan real time ibaratnya anda menggunakan handycam. Itulah yang kita sebut USG 4 Dimensi.  (Anonim, 2012)

2.2    Fungsi, Kelebihan dan Manfaat USG 4 D
Fungsi dari USG 4 D ini untuk melihat kehamilan. Dengan menggunakan USG 4 D ini, sang ibu dapat melihat wajah sang jabang bayi dengan jelas, apakah sedang tersenyum, sedih, semua akan terlihat lewat USG 4D. Tentu fungsi USG 4D tak hanya itu, alat ini juga bisa memeriksa :
·      Kehamilan tidak berkembang, kahamilan di luar kandungan, kehamilan dengan mola (hamil anggur), dan pendarahan di balik calon ari-ari.
·      Bentuk jantung dan Sistem Saraf Pusat (SSP). Jadi dapat dilihat ada tidaknya kelainan di otak, kelainan hidrosephalus, kelainan katarak pada bola mata, kelainan rongga jantung serta juga bisa dilihat ada tidaknya kelainan tulang belakang, meliputi celah pada tulang belakang (Spina Bifida).
·      Posisi, ukuran, aliran darah, tali pusat, lilitan tali pusat dan letak plasenta dengan baik. Juga kelainan lain, seperti ari-ari di bawah atau janin terlilit tali pusat atau tidak.
Alat canggih ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan USG biasa. Gambar lebih jelas dan mudah dimengerti, selain dapat mengetahui permukaan (surface) anatomi bayi secara lebih jelas, mulai wajah hingga kelengkapan anggota badan, juga bisa mengetahui kelainan pada bayi secara jelas. Keunggulan lain USG 4D adalah pada pemeriksaan jantung. Dahulu kita tidak mungkin menganalisa jantung dengan gambar yang begitu jelas, bisa bergerak, bisa dipelankan geraknya, diputar, diperbesar, dan sebagainya
Boleh dibilang, manfaat USG 4D lebih ke arah performance dan appearance dari janin yang mudah dimenerti orangtua. Itu sebabnya wajah sang jabang bayi pun tampak jelas melalui USG 4D, apakah sedang tersenyum, sedih, akan terlihat lewat USG 4D. Lebih ke arah psikis dimana akan lebih memberikan kebahagiaan pada ibu dan rasa lebih erat bila melihat gambaran dan gerakan bayi yang sedang di dalam rahim. Selain itu untuk kepentingan klinis pada tindakan amniosentesis (pengambilan cairan ketubah) untuk kepentingan diagnosis/ pemeriksaan risiko kelainan pada bayi. (meskipun di Indonesia tindakan ini tidak lazim dilakukan).

2.3    Tahapan Pemeriksaan Menggunakan USG 4 D
Pemeriksaan kehamilan dengan USG ini dibagi menjadi 3 tahapan :
·      Pada pemeriksaan trimester pertama, yang diperiksa antara lain kehamilan tidak berkembang, kahamilan di luar kandungan, kehamilan dengan mola (hamil anggur), pendarahan di balik calon ari-ari dan sebagainya. Pada trimester pertama, pemeriksaan USG juga akan membantu memastikan ada tidaknya detak jantung janin, Kita juga bisa melihat kelainan lain, misalnya bayi kembar. Jadi kita bisa mengambil tindakan sejak dini, Juga bisa mendeteksi adanya kelainan bentuk kepala, karena ada janin yang tulang kepalanya tidak terbentuk.
·      Pada pemeriksaan trimester kedua, USG akan membantu melihat bentuk jantung dan Sistem Saraf Pusat (SSP). Jadi dapat dilihat ada tidaknya kelainan di otak, kelainan hidrosephalus, kelainan katarak pada bola mata, serta kelainan rongga jantung. Pada pemeriksaan trimester kedua ini juga bisa dilihat ada tidaknya kelainan tulang belakang, meliputi celah pada tulang belakang (Spina Bifida).
·      Pada trimester ketiga, kita bisa melihat posisi, ukuran, aliran darah, tali pusat, lilitan tali pusat dan letak plasenta dengan baik. Juga kelainan lain, seperti ari-ari di bawah atau janin terlilit tali pusat atau tidak.


2.4    Tempat Melakukan Pemeriksaan Menggunakan USG 4 D
Saat ini, fasilitas USG 4 D sudah dapat ditemui di Rumah Sakit Umum maupun Rumah Sakit Ibu dan Anak di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Solo dan Surabaya.

2.5    Waktu Pemeriksaan
Waktu untuk melakukan pemeriksaan menggunakan USG 4 D ini adalah sepanjang usia kehamilan  , selagi ada ruang antara janin dan rahim yang terisi air ketuban. Namun, untuk kepuasan melihat sangat dianjurkan pada usia 28-34 minggu.

2.6    Cara Penyimpanan
Hasil pemeriksaan dengan menggunakan USG 4 D ini dapat disimpan dalam bentuk CD ROM, dengan gambar yang bergerak seperti video.

BAB III
PENUTUP
3.1    Kesimpulan
1)   USG 4 D merupakan kepanjangan dari Ultrasonography 4 Dimensi yang merupakan  alat yang digunakan untuk pemeriksaan ibu hamil menggunakan gelombang suara.
2)   Fungsi dari USG 4 D ini untuk melihat kehamilan, dengan memiliki beberapa keunggulan dan manfaat yang lebih dari USG lainnya.
3)   Pemeriksaan kehamilan dengan USG ini dibagi menjadi 3 tahapan, yaitu  pada trisemester pertama, trisemester kedua dan trisemester ketiga.
4)   Tempat melakukan pemeriksaan menggunakan USG 4 D ini dapat dilakukan di RS Umum maupun RS Ibu dan Anak di kota besar.
5)   Waktu untuk melakukan pemeriksaan menggunakan USG 4 D ini adalah sepanjang usia kehamilan  , selagi ada ruang antara janin dan rahim yang terisi air ketuban.
6)   Hasil pemeriksaan dengan menggunakan USG 4 D ini dapat disimpan dalam bentuk CD ROM, dengan gambar yang bergerak seperti video.


DAFTAR PUSTAKA
http://sariasih.com/lvl2/index.php?option=com_content&view=article&id=105&lang=e
news.nationalgeographic.com/.../0225_050225_tv_ultrasound.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar